Senin, 22 Oktober 2012

perilaku etika dalam bisnis

Apa yang diinginkan oleh masyarakat??
  • Tuntutan Shareholder dan Masyarakat terhadap keberadaan bisnis dan profesi makin meningkat:Stakeholder menghendaki agar kegiatan bisnis menghargai nilai-nilai & kepentingan mereka
  • Corporate directors diminta mengelola bisnis dgn etis
  • Perusahaan diminta utk lebih bertanggung jawab,transparan, dan etis
  • Kinerja tidak lagi diukur dari “berapa yg diperoleh”, tetapi “bagaimana hasil tersebutdicapai secara etis"  
Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bisnis
Physical 
Kualitas air dan udara, keamanan 
2. Moral
o    Kebutuhan akan kejujuran (fairness) dan keadilan (equity)
·        3. Bad Judgment
o     Kesalahan operasi, kompensasi eksekutif
·        4. Activist Shareholders
o    Shareholders etis, konsumen dan environmentalist
·         5.Economic
o    Kelemahan, tekanan utk bertahan
·         6. Competition
o    Tekanan global
·        7. Financial Malfeasance
o    Berbagai skandal akuntansi dan keuangan
·         8.Governance Failures
o    Pengakuan thd arti penting good governance dan isu-isu etika
·        9.Accountability
o    Kebutuhan akan transparansi
·         10. Synergy
o    Publikasi, perubahan-perubahan ygberhasil
·        11. Institutional Reinforceme
o    Hukum/UU baru utk mereformasi praktik bisnis dan profesi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar